Pedigree

Get a new life today

Apa Yang Harus Diperhatikan Dari Polis Asuransi Otomotif

Kendaraan merupakan salah satu aset yang berharga dalam kehidupan kita. Mobil ataupun motor sangat penting dalam kehidupan sehari-hari karena hal tersebut berperan penting dalam mobilitas. Ditambah lagi, harga kendaraan bermotor yang bisa dibilang tidak murah, menjadikannya harta yang cukup berharga. Tetapi, berkendara di jalan raya memiliki resikonya sendiri. Kecelakaan lalu lintas terkadang tidak dapat dihindari, mulai dari kecelakaan ringan yang membuat mobil lecet hingga kecelakaan berat yang membuat kendaraan menjadi tidak bisa digunakan lagi.


Oleh karena itu, untuk meminimalisir resiko yang tidak diinginkan dalam berkendara, kita harus memiliki asuransi otomotif. Jenis asuransi ini akan mengambil alih resiko dari kendaraan bermotor yang kita miliki menjadi tanggung jawab pihak asuransi sesuai perjanjian yang tertera di polis asuransi. Namun, sebelum membeli produk asuransi otomotif, ada baiknya kita memeriksa apa saja perjanjian yang tertera di polis asuransi supaya tidak merasa dirugikan oleh produk asuransi yang kita beli.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang apa saja hal yang harus diperhatikan dalam polis asuransi otomotif. Setiap asuransi memiliki manfaat yang berbeda-beda meskipun jenis asuransinya sama. Hal ini karena setiap perusahaan memiliki kebijakan sendiri-sendiri dalam hal pertanggungan asuransi yang diberikan. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan dari polis asuransi yang kita beli:

  • Jenis Perlindungan Asuransi

Sebelum membeli produk asuransi, kita harus menilik lebih jauh tentang apa saja perlindungan asuransi yang diberikan dalam perjanjian yang tertulis di polis. Pada dasarnya, dalam asuransi kendaraan, terdapat dua jenis asuransi yang ditawarkan yaitu asuransi all risk dan asuransi TLO. Asuransi all risk menanggung semua resiko dari kendaraan bermotor seperti rusak berat hingga lecet sedikit. Sedangkan asuransi TLO hanya menanggung kerusakan total atau kerusakan di atas 75% dari kendaraan bermotor, misalnya jika kendaraan hilang atau tidak bisa digunakan lagi karena rusak berat.

  • Harga Premi dan Pembayaran

Dalam polis asuransi akan dijelaskan tentang harga premi yang harus dibayar oleh nasabah asuransi, cara pembayaran, dan jangka waktu pembayaran. Hal ini harus kita perhatikan secara detil supaya tidak terjadi kesalahan yang merugikan kita. Perhatikan juga konsekuensi bila terdapat keterlambatan pembayaran premi, seperti denda atau pembatalan polis sekaligus.

  • Pertanggungan

Polis asuransi juga menjelaskan tentang apa saja pertanggungan yang diberikan oleh perusahaan asuransi. Kita harus jeli melihat pertanggungan yang diberikan apakah sudah sesuai dengan perjanjian dan produk yang kita beli di awal.

  • Besaran Ganti Rugi

Dalam polis asuransi juga dijelaskan tentang ganti rugi yang diberikan oleh pihak asuransi. Ganti rugi ini adalah semacam pertanggungan dari pihak asuransi yang telah kita tunjuk sebagai penanggung resiko dalam hal terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan pada kendaraan bermotor kita. Perhatikan besaran yang tertera di polis apakah sudah sesuai atau belum.

  • Prosedur Pengajuan Klaim

Untuk pengajuan klaim, kita harus mengikuti apa yang telah menjadi kebijakan dari perusahaan asuransi. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui prosedur pengajuan klaim yang benar dan yang tertera di polis karena hanya dengan cara itu kita dapat mengajukan klaim yang sah. Apabila pengajuan tidak mengikuti prosedur yang sudah dijelaskan oleh pihak asuransi di polis, maka klaim tidak akan ditindaklanjuti.

Dalam membeli asuransi, kita memang harus sangat jeli untuk mempelajari semua hal yang tertera di dalam polis. Seringkali, karena kita tidak membaca dengan saksama dan mendalam, terjadi kesalahpahaman antara nasabah dan pihak asuransi yang membuat nasabah merasa dirugikan. Karena itulah, sebaiknya kita harus memahami sepenuhnya polis asuransi yang kita beli.

Leave a Reply

Your email address will not be published.